our summer magazine 2013 by Slidely - Slideshow maker

Tuesday, May 9, 2006

(USA Part 4) San Diego, another sunny place

Saat singgah di LA kami sempat diajak pesiar selama 2 hari ke San Diego oleh tante dan keluarganya. San Diego merupakan daerah yang terletak di dekat perbatasan Meksiko, tepatnya dengan daerah Tijuana. Dari rumah di area Pasadena kami berangkat sekitar jam 09.00 pagi.

Perjalanan melewati interstate highway 5 memakan waktu kurang lebih 2 jam. Kami melewati Anaheim (lokasi Disneyland di California), terus meninggalkan Orange County yang gersang, memasuki area San Diego County mula-mula lewat Camp Pendaton, lalu menyusuri Oceanside (terkenal dg healing mineral waters-nya), Encinitas (ada pantai luas yang berpasir lembut dan biasa dijadikan tempat kemping serta sebuah sekolah surfing yang terkenal disini), Del Mar (bersama Solana Beach merupakan d biggest attractions-nya San Diego), akhirnya kami tiba juga di tempat tujuan, yaitu kota San Diego

Sekitar jam 11.10 kami memasuki area Sea World Drive, yang menjadi tujuan pertama kami di San Diego. (www.seaworld.com)

Harga tiket untuk dewasa adalah $54 dan anak usia 3-12 tahun sebesar $44.

Setelah melewati pintu masuk terdapat 2 toko souvenir, yang pertama khusus menjual aneka barang bertema Shamu, si killer whales yang menjadi ikon utama Sea World. 2 tempat makan ada disana juga, yang pertama adalah Plaza Bakery yang menjual aneka roti dan pastry yang baru keluar dari oven. Yang kedua adalah sebuah toko es krim bernama S.S. Sweet Tides yang menjual bermacam fudge, waffle cone sundaes dan juga smoothies yang eeennaaak sekali.

Di situ terdapat juga Rental Center yang menyediakan penyewaan stroller dan kursi roda. Ada juga restroom, atm dan information center serta tempat ukur tinggi badan buat anak2, karena beberapa atraksi menerapkan pemberlakuan tinggi badan minimal.

Show pertama yang kami tonton adalah Shamu Experience, tepat jam 12.00 dimulai, namun proses mencari tempat duduk dimulai 30 menit sebelumnya, karena arena (yang mirip2 atraksi lumba-lumba di gelanggang samudra-Ancol) yang sangat besar.

Shamu adalah killer whales kesayangan Sea World. Dia bisa melakukan

semua yang lumba-lumba kita dapat lakukan, bedanya ukuran badan Shamu yang 4-5 kali besar lumba-lumba membuat tontonan ini cukup spektakuler. Yang paling kusukai adalah saat Shamu berbaring di dekat pelatihnya (lihat foto) dan satu lagi ketika Shamu berenang dengan gaya punggung! haha... Shownya sendiri berlangsung hanya sebentar, sekitar 17 menit.

Show menarik lain yang kami lihat adalah "Pet's Rule!" dan R.L. Stine's Haunted Lighthouse 4-D, masing-masing berlangsung selama 25 menit. Film 4-D yang diputar sangat menarik, bercerita tentang hantu 2 orang kakak beradik yang menjaga mercusuar selama ratusan tahun sambil menunggu ke2 orangtua mereka kembali menjemput mereka, padahal orangtuanya telah mati tergulung ombak. Mengharukan sekaligus lucu, karena akhirnya mereka diselamatkan oleh anak lelaki kecil pemilik restauran yang ada di dekat situ sehingga arwahnya bisa pergi denga tenang.

Melihat sekumpulan burung flaminggo. Ternyata gundukan lumpur di kaki mereka adalah tempat mereka meletakkan telurnya!

Ada beberapa Rides yang ditawarkan Sea World, antara lain yang cukup diminati dan menyebabkan antrian yang panjang adalah Journey to Atlantis (water coaster yang wet n wild), Shipwreck Rapids (harus bawa baju ganti, hehe, pasti kebasahan soalnya), Wild Arctic yang membuat kita serasa menjadi sekumpulan peneliti keadaan dan beruang es di wilayah kutub. Asik sekali, karena kita seakan dibuat naik pesawat dari pangkalan peneliti lalu menuju ke kutub, lengkap dengan udara dingin, hembusan angin dan suara wer..wer dari pesawat.

Banyak ekshibit yang ditawarkan misalnya memberi makan bat rays dan melihat moray eels dari dekat. Ada juga otter presentation, tidak ketinggalan adalah memberi makan dan berinteraksi dengan lumba-lumba, anjing laut dan singa laut. Selain itu kita bisa juga memegang bintang laut. Di setiap ekshibit terdapat juga toko souvenir yang menjual aneka barang dengan tema binatang yang dipamerkan.

Puas menikmati Sea World, jam 17.45 kami keluar dari area SW karena mereka akan tutup tepat jam 18.00
Kami segera menuju ke hotel tempat kami akan menginap malam itu. Namanya Old Town Inn yang terletak di Pacific Highway, dekat San Diego Freeway dan Old Town Historical Park.
Kamar kami besar, lengkap dengan seperangkat sofa dan big king size bed (mengingat orang bule tinggi2 ya) yang memiliki panjang tempat tidur sekitar 220 cm, bukan 200 cm seperti biasanya.

Malamnya kami keluar untuk makan malam di sebuah all u can eat chinese resto yang rasanya lumayan enak dan letaknya dekat dengan hotel.

Keesokan harinya kami sarapan lezat dan banyak di hotel sebelum check-out (hotel ini recommended banget pastinya) dan mau mengunjungi the famous San Diego Zoo. (www.sandiegozoo.org)

Jarak dari hotel ke Zoo hanya sekitar 20 menit. Jam 10.00 pagi kami tiba berbarengan dengan jam dibukanya Zoo. Tiket untuk anak seharga $ 14.50, sementara untuk dewasa masing-masing $ 22. Untungnya seluruh perjalanan San Diego ini ditraktir oleh Om+Tanteku, baiknya......hehe, thank you very much....

Atraksi yang menarik disini adalah A Safari Balloon Ride, Monkey Trails, Gorilla Tropics, Polar Bear Plunge, dan yang paling unik adalah Panda Research Station bekerja sama dengan negara tirai bambu.

San Diego Zoo juga menyediakan tiket combo sekalian mengunjungi Wild Animal Park, sayangnya karena terbatasnya hari kami hanya sempat mengunjungi Zoo-nya saja.

Kevin dengan friend di Monkey Trails.

Mei Sheng sedang tidur.

Kevin di Polar Bear Plunge

Yang unik di Zoo ini adalah eskalator dari arah bawah untuk kembali ke area burung2 dan resto. Jadi setelah berjalan turun terus ke arah bawah kita ngga perlu repot2 jalan mendaki kembali. Cukup naik ini aja, siip!

cukup banyak ekshibit yang kami lihat di dalam Zoo, sehingga tak terasa jam 17.15. Kamipun segera menuju pintu keluar setelah sebelumnya singgah dulu di toko souvenir paling besar yang berada dekat pintu keluar untuk beli oleh-oleh.

Saat makan siang di dalam Zoo

Zoo di sore hari.

Sekitar jam 17.50 kami meninggalkan San Diego untuk kembali ke LA, bye.........