our summer magazine 2013 by Slidely - Slideshow maker

Friday, May 12, 2006

(USA Part 6) Disneyland Anaheim: Celebrating the First 50 Magical Years

Dua hari terakhir sebelum kembali ke Indonesia kami pergi mengunjungi D I S N E Y L A N D..... hehe, asiknya..., akhirnya aku kesampaian juga mengunjungi The Happiest Place On Earth ini!!
Aku ingat sekitar tahun 1986 seorang tetangga memberiku oleh2 sebuah gantungan kunci Mickey Mouse dari Tokyo Disneyland dengan Mickey nya memakai topi penyihir warna biru, dan bajunya berwarna merah...

Letak Disneyland Anaheim tidak terlalu jauh dari rumah tanteku, sehingga pagi-pagi kami diantar dengan mobil mereka kesana (untuk kemudian nanti malam akan dijemput kembali, hehe).

Tiket masuk untuk 10+ adalah $59, sementara 9 tahun ke bawah $49

Letaknya berseberangan dengan Disney's California Adventure, theme park yang diperuntukkan bagi anak2 yang lebih besar karena permainannya yang lebih menantang.

Kevin amat sangat bersemangat karena mau ketemu Buzz Lightyear, idolanya dari umur 3 tahun!
Pertama kali masuk, kami langsung berpose didepan lambang bunga (kebetulan di tahun saat kami berkunjung mereka sedang merayakan 50 tahun Disneyland Anaheim) yang ada di depan stasiun kereta Disneyland Railroad. Setelah berfoto aku lihat ada Goofy di kejauhan, langsung kamipun berjalan untuk berfoto dengannya.

Setelah itu kami segera ikut antri di stasiun untuk naik kereta mengelilingi Disneyland dulu. Walaupun antrian panjang, namun rupanya keretanya ada 2 sehingga kami cepat dapat kesempatan untuk naik.

Kami lalu turun di area Fantasyland. Mula-mula kami naik Matterhorn Bobsleds, sebuah rollercoaster yang ceritanya mengelilingi sebuah bukit cadas. Lalu kami masuk ke Alice in Wonderland. Tidak lupa menengok "it's a small world" yang serupa dengan istana bonekanya Dufan.

Dari Fantasyland kami berjalan ke arah Tomorrowland. Tempat pertama yang dituju tentu saja Buzz Lightyear Astro Blaster, sebuah permainan menembak musuh dengan pistol dari atas kereta berbentuk spaceship mini yang berjalan perlahan. Kevin bolak-balik naik yang ini ngga ada bosannya. Lalu Kevin n his Dad naik Astro Orbitor, mirip gajah terbang di Dufan, hanya yang ini berbentuk roket dan turun naik lebih tinggi serasa terbang di luar angkasa, apalagi kalau naiknya pas udah gelap nanti..

Tadinya ingin masuk ke Autopia, arena balap mobil mini, namun karena syarat tinggi minimum adalah 132 cm, maka sementara kami batalkan demi supaya Kevin ngga kecewa.

Disini juga terdapat Space Mountain, yaitu roller coaster yang lebih tiggi dan lebih cepat dari yg di Fantasyland tadi. Ada juga wahana "Honey, I Shrunk the Audience" yang lucu dan menghibur. Ada juga tempat makan pizza yang enak disini, dengan patung berbentuk pesawat luar angkasa lengkap dengan roketnya, dan restoran si Buzz yang menjual burger dan teman2nya.
Di ujung depan resto itu kami akhirnya menemukan sang pemilik: Buzz Lightyear. Kevin memuaskan diri dengan ikut berdansa bersama anak2 lain dan Buzz, juga berkesempatan memencet2 tombol di dada Buzz (yang tentu saja tidak akan membuat helmetnya terbuka).

Dari sini kami melewati ujung Main Street dimana terdapat patung Walt Disney menggandeng Mickey, dengan tujuan menyeberang ke area Adventureland. Aww, banyak sekali orang mengunjungi tempat ini, sampai rasa2nya Disneyland tertutup karpet manusia yang berwarna-warni.

Sampai di Adventureland kami langsung mencari Enchanted Tiki

Room, karena aku suka dengan lagu Tiki Room-nya Disney. Ternyata tempatnya didesain mirip2 rumah tradisional Hawaii. Kami menunggu beberapa menit sebelum tempat ini dibuka. Rupanya ini semacam teater yang isinya aneka macam boneka burung yang bisa beratraksi macam2 sambil menyanyikan lagu Tiki Room, ngga rugi deh aku singgah kemari, apalagi di dalam sini dapat tempat duduk dan hawanya sejuuuk sekali.

Dari Tiki Room kami naik Jungle Cruise, perahu sampan bermotor dengan ukuran yang cukup besar berlayar mengelilingi sungai buatan dimana kanan kirinya penuh dengan patung2 yang melukiskan cerita2 Disney tentang Jungle Boy. Dari sana kami lanjut naik ke Tarzan Tree House, lalu mencicipi Indiana Jones Adventure dengan naik rakit yang meluncur diatas air.

Dari sebelah Tarzan Tree House ada jalan pintas ke area Frontierland, dimana terdapat Rivers of America, sebuah danau buatan besar yang berisi sebuah pulau Tom Sawyer, kapal Mark Twain Riverboat, juga rakit untuk pergi ke pulau Tom Sawyer serta kapal besar Sailing Ship Columbia. Jadi bisa bayangkan besarnya danau ini kan?

Kami sempat mencoba naik Mark Twain Riverboat mengelilingi pulau Tom Sawyer. Bagus banget pemandangan dari atas kapal besar ini.

Setelah itu kami masuk ke area New Orleans Square. Tadinya bermaksud mencoba atraksi Pirates of Carribean, ternyata sedang tutup untuk renovasi dan baru akan dibuka lagi akhir bulan Juni :( Eh, malahan ketemu wahana yang paling asik di Disneyland ini menurutku: HAUNTED MANSION. Walaupun (ngga heran) antriannya panjang mengular sampai keluar dari pagar mansion-nya, tetep aja kekeuh ngantri! ternyata ngga sia2 lho, ngga lama setelah berhasil masuk ke dalam mansion, kami dibawa ke 1 ruangan yang pintunya kemudian ditutup rapat. Lalu mulai

kami mendengarkan narator yang bercerita ttg kisah tragis puluhan tahun lalu terjadi di rumah itu, lagi asik2 dengar cerita tiba-tiba kaca diatas kami pecah terburai mau menimpa kami, yang ternyata hanya ilusi, lalu pintu lain terbuka dan kami disuruh lari menyelamatkan diri dari hantu yang mulai terganggu atas kehadiran kami.
Jalan keluar satu2nya adalah naik ke kereta yang hanya muat untuk 2 orang, berbentuk seperti kerah drakula (bagian sandarannya tinggi sekali), lalu kereta berjalan turun ke bawah, yang ternyata kita dibawa melewati kuburan lengkap dengan pelbagai macam arwah menyambut kita, ada yang terbang ada yang berusaha menyentuh kita. Semuanya terbuat dari hologram yang keren banget!!!! Baru kali ini aku masuk ke rumah hantu yang ngga perlu terkaget2 karena ditakut2i oleh manusia, namun hanya oleh permainan musik dan sinar. Mau lagi....

Karena asik menikmati wahana2 disini, kami pun memutuskan untuk lunch on the go, maksudnya beli makanan yang bisa dimakan sambil jalan, sehinggga waktu tidak terbuang percuma, hehe...ngga mo rugi dong.

Dari Frontierland kami menuju ke Mickey's Toontown. aduuh, ini tempat yang imut dan unik sekali, pastinya adalah idaman semua anak yang suka baca majalah donal bebek seperti aku..wek!
Ada rumah Mickey dan rumah Minnie yang bisa kita masuki dan cobain semua furniture dan alat2nya. Bahkan di dapur Minnie ada oven mainan yang berisi kue tart raksasa yang bisa mengembang dan kempis dengan sendirinya.

Duh, sirik deh liat dapur dia yang peralatannya lengkap banget. Ada Kulkas yang lengkap isinya, bisa kita buka tutup, bahkan Kevinpun muat didalamnya! Kemudian di halaman belakang rumah Minnie ada sebuah sumur yang bisa menjawab semua pertanyaan kita..hehe.

Ada Rollercoaster khusus untuk anak dengan tinggi minimum 89 cm :) Tidak lupa kita mengunjungi kapalnya si Donal bebek dan rumah pohon nya Chip n Dale (yang ini hanya anak2 yang bisa masuk karena kita terlalu tinggi untuk itu. Sayang ya aku ngga bisa liat dalamnya, padahal Kevin bilang bagus banget. Koq ngga kepikiran juga untuk bawain dia kamera dan foto-in bagian dalamnya ya? Serta yang terakhir adalah Goofy playhouse.

Overall, Mickey's Toontown ini cocok untuk segala usia.

Ngga terasa matahari sudah meluncur ke arah barat. Keluar dari Toontown ini sudah mulai gelap, sekitar jam 19.30 tapi terangnya masih seperti jam 6 sore di Jakarta, mungkin karena ini hampir musim panas ya, matahari makin dekat ke utara sini.
Setelah puas mencoba hampir semua permainan (=belum semua) kami kembali ke area Fantasyland untuk masuk ke Storybook Land Canal Boats, sesuai namanya kami naik ke kapal kecil yang panjang lalu berlayar melewati kanal2 yang berisi segala sesuatu yang ada dalam dongeng2 Disney dalam ukuran yang mini.
Karena hari sudah gelap, pemandangan makin indah dengan lampu2 yang menghias kanal2 ini, terlebih saat kami seperti masuk ke dalam perut ikan paus-nya Pinokio.

Dari situ kami masuk ke tempat "Pinocchio Daring Journey", lumayan, dengaerin kisah Pinokio sambil jalan pelan2 naik kereta di dalam ruang ber ac, hehe, istirahat....

Terakhir sebelum pulang kami sempat belanja di salah satu dari sekian banyak toko yang tersebar di seluruh Disneyland ini, sementara David dan Kevin naik Astro Orbitor beberapa kali (lagi!!!)

Sekitar jam 21.00 kami nonton pertunjukan sinar laser di Rivers of America-Frontierland yang bercerita ttg Mickey berperang antara kejahatan dan kebaikan, tapi ngga sempat selesai, karena jam 21.25 kami terburu2 segera menuju ke dekat Castle untuk menonton Fireworks-nya Disney yang spektakuler!

Sayangnya, karena terlalu asik mencoba wahana2 kami sampai melewatkan parade Disney yang terkenal itu :(

Di Dalam Dapur Minnie Mouse yg aduhai

Kevin di atas kapal Donal Duck

Sebelum pulang, di depan gedung yang berisi ekshibit segala macam memoar dan film ttg Disneyland selama 50 tahun ini.

Jam 22.30 kami pulang kembali ke rumah dengan senyum menyungging di bibir, hehe... benar2 The Happiest Place on Earth ternyata!
Kevin juga sudah terlelap dengan memeluk botol minum Buzz Lightyear-nya.