our summer magazine 2013 by Slidely - Slideshow maker

Tuesday, September 7, 2010

Epcot, the future world to be...

Pilihan untuk berkunjung ke Animal Kingdom atau Epcot sungguh sulit. Walau begitu kami akhirnya menjatuhkan pilihan ke yang terakhir, karena Epcot membuat science menjadi begitu menarik bagi anak-anak!

Hari ini Oma dan Jayce ikut serta! hore.. karena semua telah siap pagi-pagi, cukup istirahat dan kenyang sarapan.

Pergi ke Epcot berarti mendapatkan 2 keuntungan. Pertama kita akan melihat dunia dan masa depan dalam Future World, yang kedua adalah menemukan keajaiban dunia melalui Worlds Showcase yang merupakan miniatur dari 11 negara.
kiri : Disney menyediakan aneka macam transportasi yang nyaman

kanan : petugas parkir dengan kendaraannya yang unik

Wahana yang pertama kami kunjungi di Epcot adalah Spaceship-

Earth. Letaknya berada di dalam bola putih raksasa yang menjadi ikon Epcot tersebut.

Sungguh tempat yang menarik minat untuk dikunjungi karena sejak dalam antrian aku segera membayangkan apa saja yang mungkin ada dalam bola raksasa ini.

Setelah masuk ke dalam, kami segera diarahkan untuk naik ke dalam kereta yang terdiri dari 2 lajur yang masing-masing dapat diisi 2 orang.

kiri : letak Spaceship Earth di dalam bola raksasa tersebut
Segera setelah sabuk pengaman lengkap terpasang kereta segera bergerak maju dan naik ke atas dengan perlahan, diiringi musik dan narasi yang mengisahkan tentang asal dari energi yang ada saat ini hingga berakhir pada bentuk energi apa yang kira-kira akan digunakan di masa depan. Oh ya, sebelum lupa, kita akan difoto secara otomatis saat kereta mulai bergerak.

Masing-masing orang dapat berkreasi tentang energi masa depan impiannya melalui layar sentuh interaktif yang berada di depan kursi.

kiri : asyik melihat susunan planet
kanan : dari jaman mesir....

kiri : ...jaman Einstein...
kanan : di ujung perjalanan

Kelak saat kita menyelesaikan perjalanan ini, di layar akan muncul rumah impian kita yang beroperasi menggunakan energi masa depan yang kita ciptakan lengkap dengan foto masing-masing.
Selain itu kita akan dibawa ke dalam susunan planet yang membentuk tatasurya kita dengan matahari sebagai pusatnya, canggih banget deh!
kiri : we're from Indonesia!! :D
kanan : sibuk mengirim hasil kreasi ke e-mail masing-masing

Dari sini kami menuju ke Universe of Energy, dipandu oleh mc terkenal Ellen DeGeneres, ini merupakan ride shows sepanjang 45 menit dimana kita duduk dalam kereta raksasa berukuran 8 lajur yang tiap lajurnya dapat diisi oleh 12 orang dan kereta ini bergerak!!! Perjalanan dimulai dari era dinosaurus sampai ke masa kini agar kita mengetahui energi apa yang paling dahsyat di alam ini... I won't tell u, find out yourself.. :D
kanan : bukan hanya kereta kami saja, dinosaurusnya bergerak juga!

Menurutku, Epcot ini sangat menyenangkan karena sebagian besar wahananya berada di dalam ruangan besar dengan penyejuk udara yang dingin, hehe.

Kami lalu menuju ke Mission Space, namun karena antrian yang panjang maka kami putuskan untuk mengambil fastpass dulu. Ini adalah semacam reservasi tempat yang memungkinkan kita datang lagi sekitar 1 jam kemudian dan langsung masuk tanpa perlu antri lagi. wuih!!
Caranya gampang, tinggal masukkan tiket Disney kita ke mesin fastpass yang berada di depan tiap wahana, lalu otomatis mesin akan mengeluarkan tiket fastpass kita.

Sambil menunggu kami pergi ke arena Test Track, tempat kita akan naik ke dalam mobil keluaran General Motors dan melakukan tes laik jalan terhadap mobil tersebut diatas lintasan yang super panjang dengan kecepatan sangat tinggi. Saking kencangnya udara di dalam mobil tersebut sampai terasa panas sekali.
kiri : briefing dalam mission space
kanan : jalur Test Track di atas

Selesai Test Track kami segera kembali ke Mission Space. Karena aku gampang pusing maka aku bersama Kevin memilih Green Team yang goncangannya lebih sedikit, sementara David dan James memilih Orange Team yang lebih 'gila'. Ceritanya kami dibagi kedalam tim yang terdiri atas 4 orang yang punya tugas masing-masing misalnya pilot, navigator dst.

Lalu setelah di briefing singkat, kami memasuki pesawat luar angkasa kemudian dengan hitungan mundur kami segera terlontar ke ruang angkasa, melihat bumi tercinta dari kegelapan diatas sana, dan mendekati kemudian melakukan tes percobaan mendarat di planet Mars. Setelah selesai ya pulang lagi ke bumi..hehe.

Karena kami keluar lebih dahulu, sesuai perjanjian aku & Kevin langsung menuju ke The Seas with Nemo & Friends, karena Yolla, Oma dan Jayce katanya menunggu disana. Karena ngga menemukan mereka disana, aku & Kevin sempat naik 'Clamobile', kereta berbentuk kerang raksasa masuk ke dunia Nemo di bawah air. Lumayan bisa istirahat. Lalu inginnya nonton interaktif shownya Turtle Talk with Crush, tapi jam mainnya masih lama.

bawah : aneka penghuni dunia Nemo

Hujan turun dengan deras sementara kami berdua terjebak di Coral Reef Restaurant saat berusaha mencari yang lain. Parahnya sinyal telpon selularku ngga ada disini!! Yang masuk hanya text dari suamiku menanyakan kami berdua dimana, sedangkan aku ngga bisa membalasnya! Mau marah deh, ditambah perut sudah keroncongan dan si Kevin mulutnya juga cerewet banget minta kita lari aja menembus hujan deras.... gggrrrr.

Ketika hujan reda berdua kami segera kembali ke Nemo, ngga ketemu juga mereka, sementara sinyal juga ngga dapat. Akhirnya aku dapat akal. Di setiap tempat yang kuperiksa adalah stroller bayi. Apakah ada yang punya si Jayce, haha, untungnya ini berhasil. Segera kami temukan bahwa mereka sedang asyik makan (huuuuuh) di dalam The Garden Grill Resto. Sekarang yang penting isi perut dulu, ngomel urusan belakangan.

Setelah makan kami semua termasuk Jayce naik kapal dalam 'Living with The Land' ke dalam green house yang berisi aneka macam tanaman dan habitat hidupnya dan juga peternakan ikan dan buaya amerika yang namanya aligator itu.

kanan: aneka tanaman dalam green house, dari timun sampai jeruk bali, mulai oregano hingga jalapeno, ada semua

Setelah itu ingin nonton film pendek dengan bintang dari film Lion King namun lagi-lagi gagal karena terbentur jam main. Kalau ngotot menunggu sih bisa saja, tapi akibatnya akan lebih banyak atraksi lain yang tidak dapat kami nikmati nantinya. Harus ada yang dikorbankan ternyata.

Kami putuskan naik Soarin. Ternyata ini adalah tontonan layar imax, hanya saja kita duduk di kursi yang akan ditarik naik ke atas dan diayun-ayun sepanjang film. Pantas saja, wong ternyata informasi atraksi di map: Free-Flying Hang Gliding Adventure! Kami dibawa mengelilingi Amerika, bagai terbang diatas jembatan San Fransisco, New York, Orlando (tentunya) lihat Grand Canyon dari atas sampai mengelilingi pantai barat Amerika. Mengesankan.

Hari semakin sore ketika kami sampai di tempat pertunjukan film musikal Captain EO yang diperankan oleh Michael Jackson. Cukup menarik walaupun film yang diputar sudah tua. MJ masih cukup muda wajahnya di film itu.

Terakhir di area Future World ini kami mengunjungi Journey Into Imagination With Figment. Sebuah perjalanan yang akan mengkaitkan imajinasi kita dengan ke 5 indera kita. Walaupun aku kurang bisa menangkap apa maksud wahana ini dibuat, setidaknya cukup buat hiburan.

kanan : di dalam Journey Into Imagination With Figment

kiri : di World Showcase; British

kanan : berusaha menangkap air yang melompat di depan Journey Into Imagination With Figment

Area Future World tutup jam 7 malam, namun area World Showcase buka hingga pukul 9 malam.

Sekarang waktunya menjelajah dunia nih!

Yang pertama kami kunjungi adalah Kanada (kanan) sempat beli kaos disini.
Sebetulnya tiap paviliun yang di-host oleh masing-masing negara tersebut memutar film singkat tentang negaranya. Namun kami memilih untuk melihat-lihat tiap paviliun saja agar dalam waktu 2 jam semua paviliun dapat kami kunjungi. Bukan main luasnya Epcot ini. sekarang saja kakiku sudah pegal. Kalau bisa pengen naik di stroller-nya Jayce!

atas, kanan, & bawah : di paviliun Perancis, ada Bistro de Paris (bawah) yang antriannya panjang sekali dan baunya haruum.

Setelah Kanada, United Kingdom dan Perancis, kami singgah di Maroko
yang hanya berisi restauran dan cafe. Bangunannya bagus sekali dengan arsitektur timur tengah yang

menawan.
kanan : di depan Maroko

Selanjutnya, Jepang. Sempat melihat-lihat didalam toko serba ada Mitsukoshi yang bagian atasnya terdiri dari 3 resto yaitu Teppan Edo & Tokyo Dining lumayan mahal, serta Yakitori house yang lebih ekonomis.
kanan : American Adventure, Uncle Sam, Mrs Liberty dan Pirate's boy

Di paviliun Amerika ada sebuah toko gift shop. Ketika permisi hendak minta tolong diambilkan foto, penjaganya tiba-tiba mendandani kami dengan aneka topi, plus beri souvenir ke Kevin, duh baiknya..
kiri: miniatur rumah dan kereta api di paviliun Jerman

kiri & kanan : Paviliun Italia

Setelah Amerika, masih ada paviliun Jerman, Italia, Cina, Norwegia dan terakhir Meksiko yang kami kunjungi.

Sebenarnya di setiap paviliun terdapat ka-

bawah: IllumiNations: Reflections of Earth
rakter Disney, dari film yang bertema negara tersebut, yang dapat kita ajak foto bersama, sayangnya mereka semua hanya ada sampai sekitar jam 6 sore.
Misalnya Mulan di Cina, Puteri Salju di Jerman, Aladdin di Maroko, Belle di Perancis dan Alice di Inggris.
Ada juga karakter Miki Tikus dkk yang siap sedia sampai jam 9 malam di area Future World, namun antriannya minta ampun panjangnya.
Puas mengelilingi World Showcase perjalanan kami ditutup dengan menonton kembang api
yang di Epcot dinamakan IllumiNations: Reflections of Earth, bertempat di danau kecil yang dikelilingi paviliun berbagai negara tadi. Bagus juga walaupun tidak sebesar yang di Magic Kingdom.

kanan: di depan paviliun Meksiko

Terakhir, dalam perjalanan menuju pintu keluar, di paviliun Cina tepatnya, kacamata kiri suamiku putus tali penahan bawahnya, untung kacanya tidak sampai jatuh dan pecah. Rupanya akibat terkena panas di Test Track tadi siang dan udara dingin dan panas yang bergantian terus menerus membuat talinya tidak kuat lagi menahan beban sang kaca yang tebal itu.Terpaksa besok harus ke optik.

bawah: berpose dengan sebelah kacamata yang bolong, hehehe..